Karena bersih itu sehat. Karena sehat itu mahal.

Admin 25 Agustus 2017 10:19:09 WIB

Disetiap hari jumat Pemerintah Desa Ponjong Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan kegiatan Jumat bersih. Apa itu Jumat bersih? Dari namanya saja pasti mudah untuk ditebak. Benar sekali, seluruh perangkat desa memiliki agenda membersihkan area balai desa dan dilanjutkan ke sekitar area tempat parkir water byur setiap hari Jumat. Tidak hanya sekedar menyapu dan membersihkan rumput-rumput liar, tetapi juga membersihkan kotoran-kotoran yang berserakan memenuhi selokan-selokan. Mulai dari memungut sampah kemudian membuangnya di tempat pembuangan sampah terdekat. Tugas ini lebih banyak menjadi tanggung jawab bersama dibandingkan hanya dibebankan pada penjaga Balai Desa dan petugas kebersihan water byur.

 

Dikomandoi langsung oleh Kepala Desa Ponjong, Bapak Arif Al Fauzi, kegiatan berlangsung sangat rancak dan menyenangkan. Apalagi pada jum’at bersih kali ini adik-adik KKN dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) juga turut berpartisipasi dengan membantu membersihkan sampah-sampah yang ada di sepanjang jalan dan selokan area parkir water byur Sumber Ponjong.

 

Sebagaimana disampaikan oleh Bapak Kepala Desa, tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan Jumat bersih ini adalah untuk menumbuhkan rasa memiliki di kalangan Perangkat Desa akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan,  sehingga suasana di kantor atau tempat kerja akan terasa nyaman dan kantor dapat terpelihara dengan baik.

 

“Sebagai tanggungjawab kita selaku perangkat desa, sudah menjadi kewajiban memberikan contoh melakukan hal yang positif terutama dalam hal kebersihan lingkungan yang kita terapkan setiap hari jumat. “Karena bagaimanapun juga, apa yang kita lakukan tentu rakyat akan lihat, dan mudah-mudahan kegiatan Jum’at Bersih ini bisa memotivasi masyarakat untuk ikut meniru”. demikian pak Kades menambahkan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar