PERESMIAN KANDANG SAPI KOMUNAL SAEMAUL DESA PONJONG

Admin 13 September 2017 14:52:55 WIB

 

Salah satu program kegiatan Pengembangan Desa Percontohan Saemaul yang dilakukan oleh Yayasan Globalisasi Saemaul Indonesia di Desa Ponjong Kecamatan Ponjong adalah pembangunan Kandang Sapi Komunal Saemaul. Lokasi Pembangunan Kandang Sapi Komunal tersebut di Padukuhan Jaten, Desa Ponjong, Kecamatan Ponjong. (tepatya dari kolam renang Water Byur arah ke selatan + 1 km). Peresmian dilakukan pada hari Selasa, 12 September 2017 pukul 10.30 WIB - Selesai.

 

Sebagaimana disampaikan oleh Relawan dari Yayasan Globalisasi Saemaul Indonesia, Bapak Pasha Lim Byung Han, tahapan Pembangunan Kandang Sapi Komunal Saemaul Desa Ponjong adalah sebagai berikut :

  1. Pada Bulan Agustus tahun 2016, diadakan presentasi rencana program usaha peternakan sapi dalam acara Workshop Evaluasi dan perencanaan partisipatif Program Pembangunan Desa Percontohan Saemaul.
  2. Pada bulan Oktober 2016, dilakukan penetapan program usaha peternakan sapi sebagai usaha utama di tahun kedua.
  3. Pada bulan Maret 2017, dilakukan pembentukan Tim Pelaksana Pembangunan Kandang Sapi Komunal.
  4. Pada tanggal 15 Juni 2017 dilakukan penandagtangan MOU pembangunan Kandang Sapi Komunal antara relawan Saemaul dengan Pemerintah Desa Ponjong.
  5. Pada tanggal 17 Juni 2017 dilakukan proses lelang penentuan kontraktor pembangunan kendang sapi komunal, yang dimenangkan oleh CV. Jati Putra dengan penawaran Rp. 698.115.000,- dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak pembangunan Kandang Sapi Komunal Saemaul Desa Ponjong
  6. Pada tanggal 4 Juli 2017 dilakukan peletakan batu pertama pembagnunan kendang Sapi Komunal Saemaul Desa Ponjong.

 

Kepala Desa Ponjong Bapak Arif Al Fauzi dalam sambutannya menyampaikan harapan agar pengelolaan peternakan sapi ini bisa benar-benar meningkatkan perekonomian warga masyarakat di Desa Ponjong. Sebagaimana disampaikan oleh Bapak Kades, Kandang Sapi Komunal Saemaul ini nanti akan dikelola oleh BUMDES Hanyukupi Desa Ponjong. Dan Pak Kades percaya sepenuhnya, di bawah komando Saudara Anang Sutrisno, ST. selaku Direktur BUMDES Hanyukupi Desa Ponjong, pengelolaan peternakan sapi di Kandang Sapi Komunal Saemaul nanti bisa berjalan dengan baik dan lancar.

 

Dihubungi terpisah, Direktur BUMDES Hanyukupi Desa Ponjong, Anang Sutrisno, ST. menyampaikan bahwa rencana ke depan, pihak BUMDES Hanyukupi dan Yayasan Globalisasi Saemaul Indonesia akan bekerjasama dengan PT. PANDANARAN di Klaten Jawa Tengah untuk pengadaan Sapinya. Untuk awal, akan didatangkan kurang lebih 30 ekor sapi indukan yang sudah bunting dari PT. Pandanaran Klaten Jawa Tengah. Kemudian untuk pengelolaannya akan merekrut masyarakat di padukuhan Jaten dan sekitarnya dengan system menggaduh.

 

Hadir dalam acara peresmian Kandang Sapi Komunal Saemaul tersebut antara lain Relawan dari YGSI, Bapak Subi dari DP3AKBPMD Kabupaten Gunungkidul, dari Muspika Kecamatan Ponjong, Kepala Desa Bleberan, Kepala Desa Ponjong beserta seluruh jajaran perangkat desa, BPD Desa Poonjong, RT/RW, perwakilan masyarakat sekitar, dan para tokoh masyarakat. Acara berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan pemotongan pita dan pembukaan selubung papan nama Kandang Sapi Komunal Saemaul Desa Ponjong.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar