RAPAT KOORDINASI PEMERINTAH DESA PONJONG BERSAMA LEMBAGA-LEMBAGA DESA

Admin 15 September 2017 11:25:17 WIB

Hari Kamis Tanggal 14 September 2017, pukul 13.30 WIB sampai dengan selesai Pemerintah Desa Ponjong mengadakan Rapat Koordinasi bersama seluruh lembaga desa di Desa Ponjong bertempat di Aula Balai Desa Ponjong. Lembaga Desa yang hadir pada rapat koordinasi tersebut antara lain BPD, LPMD, PKK, Karang Taruna dan Ketua ketua RT dan RW se - Desa Ponjong Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul. Dalam kesempatan Rapat Koordinasi tersebut Bapak Arif Al Fauzi selaku Kepala Desa menyampaikan ucapan terima kasih yang sebanyak banyaknya atas pengabdian dan pengorbanan Bapak/Ibu pengurus Lembaga Desa dan juga menyampaikan permohonan maaf Karena Pemerintah Desa belum bisa memberikan penghargaan/insentif yang layak sebagaimana seharusnya. Untuk tahun Anggaran 2017 ini Pemerintah Desa baru bisa memberikan insentif sebesar Rp. 50.000,00 per bulan untuk ketua ketua RT dan RW, sementara untuk biaya operasional kegiatan BPD, LPMD, PKK dan Karang Taruna juga telah dianggarkan di APBDES.

 

Pada Rapat Koordinasi kali ini, Bapak Kepala Desa juga menyampaikan beberapa hal terkait adanya aspirasi yang berkembang di masyarakat, seperti keadaan Aula Balai Desa Ponjong yang sudah harus direhab atau dibangun, dan juga adanya keinginan dari beberapa warga masyarakat untuk penyelenggaraan FESTIVAL DESA dalam rangka Mangayubagyo Hari Jadi Desa Ponjong.

 

Dalam sambutan pengarahannya Bapak Drs. H. Moedjidjo, M. Si., menyampaikan apresiasi yang tinggi atas acara ini dan beliau juga berharap kita semua bisa menjaga dan meningkatkan keharmonisan antar lembaga desa, sehingga segala apa yang menjadi tujuan bisa tercapai dengan baik. Untuk program pembangunan Balai Desa dan penyelenggaraan Festival Desa, Bapak Drs. H. Moedjidjo, M. Si., selaku Ketua BPD Desa Ponjong sangat setuju apabila itu akan direalisasikan.

 

Pada sesi musyawarah, Bapak Sutar selaku ketua RT. 03 Padukuhan Sumber Kidul menyampaikan bahwa setuju apabila akan diadakan rehab balai desa dan berharap untuk pelaksanaan rehab dan pembangunan Balai Desa kita semua membuang jauh keinginan untuk mendapatkan keuntungan pribadi dari proses pelaksanaan pembangunan balai desa. Karena semua ini untuk kita sendiri, jadi harus dilaksanakan sebaik mungkin.  Dan Bapak Sutar juga setuju apabila akan diadakan Festival Desa dalam rangka Mangayubagyo Hari Jadi Desa Ponjong.

 

Ditambahkan oleh Bapak Isrodji, salah satu Anggota BPD dari Padukuhan Ponjong, pihaknya setuju sekali apabila Balai Desa segera diperbaiki, bahkan beliau mengusulkan agar Balai Desa jangan hanya direhab, tapi dibangun ulang untuk Balai Desa yang lebih baik. Dan kemudian untuk peresmiannya sekaligus diadakan Festival Desa dalam rangka mangayubagyo Hari Jadi Desa Ponjong.  

 

Bapak Drs. SUGIJONO, Mantan Kepala Desa Ponjong periodoe 1985 – 2004 juga mengusulkan agar Joglo dan limasan Balai Desa yang lama ini dijual saja, kemudian jadi modal untuk pembangunan Aula Balai Desa selanjutnya. Selain itu beliau juga berharap agar dalam pelaksanaan Festival Desa dalam rangka Mangayubagyo Hari Jadi Desa Ponjong nantinya agar tidak usah pakai ritual-ritual atau prosesi yang tidak selayaknya dilaksanakan. Sehingga walaupun dikemas dalam acara Gebyar Budaya, Gelar Budaya, Festival Budaya atau apapun itu tidak kemudian menimbulkan permasalahan di masyarakat.  

 

Dari beberapa usulan para peserta musyawarah, akhirnya disepakati untuk Membangun Aula Balai Desa Ponjong dan untuk langkah selanjutnya akan dilakukan musyawarah pembentukan panitia pelaksanaan pembangunan Aula Balai Desa Ponjong. Dan untuk pelaksanaan Festival Desa dalam rangka mangayubagyo hari jadi desa Ponjong juga akan dibentuk tim investigasi yang bertugas menelusuri sejarah berdirinya Desa Ponjong.

Di akhir acara koordinasi ini, dilakukan penyerahan insentif bagi ketua RT dan RW se Desa Ponjong dan biaya operasional untuk seluruh lembaga desa.  Acara berjalan dengan lancar dan semoga apa yang diputuskan dalam acara ini bisa segera direalisasikan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Desa Ponjong.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar