SEMARAK LOMBA DESA SIAGA DI DESA PONJONG

Admin 25 Oktober 2017 14:37:14 WIB

Kegiatan hari ini, Rabu 25 Oktober 2017 di Desa Ponjong adalah menyambut dan menanggapi Tim Evaluasi Desa Siaga Kabupaten Gunungkidul. Sejak hari Senin 23 Oktober 2017, para kader kesehatan bersama perangkat desa Ponjong sudah terlihat mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan acara ini, dipandu oleh Tim Desa Siaga dari UPT Puskesmas Ponjong I. Bahkan ibu-ibu Kader Kesehatan dengan semangat 45 tidak kenal lelah terus bersemangat melengkapi administrasi dan berlatih paduan suara untuk penyambutan Tim Monitoring dan evaluasi Desa Siaga dari Kabupaten Gunungkidul.

 

Sekitar pukul 09.00 WIB Tim Penilai hadir di Aula Balai Desa Ponjong dengan disambut Tarian Senam Sehat Ceria ibu-ibu Kader Kesehatan Desa Ponjong di halaman balai desa Ponjong. Tidak berapa lama kemudian acara dimulai. Dalam kegiatan ini tampak hadir Bapak Camat Ponjong beserta Muspika, BPD Desa Ponjong, Bapak Ketua LPMD Desa Ponjong, Pengurus Karang Taruna Desa Ponjong, Ibu ibu PKK Desa Ponjong, seluruh kader kesehatan Desa Ponjong dan tamu undangan lain di desa Ponjong.

 

Dalam sambutannya Bapak Kepala Desa Ponjong menyampaikan terima kasih kepada Ibu-ibu kader kesehatan dan seluruh perangkat desa yang telah mempersiapkan acara ini dengan baik dan mohon petunjuk serta arahan kepada Tim Evaluasi Desa Siaga Kabupaten Gunungkidul untuk peningkatan kegiatan Desa Siaga. Sehingga ke depan kegiatan Desa Siaga semakin tertata dengan baik.

 

Pada saat pemaparan administrasi Desa Siaga Desa Ponjong yang disampaikan oleh Ketua Desa Siaga Desa Ponjong Bapak Ahmad Suryono, menyampaikan bahwa Pemerintah Desa telah menganggarkan sejumlah dana untuk kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan dan Desa Siaga. Untuk tahun 2017 ini Anggaran di APBDes untuk kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan dan Desa siaga kurang lebih Rp. 82.882.000,00. Dana tersebut dialokasikan untuk insentif kader (masuk di APBDES Perubahan), Pembinaan Desa Siaga, Pemberian PMTAS untuk Balita dan PAUD, Insentif Petugas Sampah, Penyuluhan PHBS dan Pembinaan Lansia. Sementara untuk Rencana Tahun 2018, dalam penyusunan RKPDes 2018 sudah disepakati dana untuk kegiatan yang terkait dengan kesehatan dan Desa Siaga kurang lebih Rp. 227.252.760,00 atau mengalami kenaikan kurang lebih 174 % dari tahun 2017. Adapun penggunaan dana tersebut antara lain untuk :

  1. Insentif kader kesehatan
  2. Pembinaan Desa siaga
  3. Pemberian PMTAS pada anak Balita dan PAUD
  4. Pembinaan Lansia
  5. Penyuluhan PHBS
  6. Stimulan Jamban Sehat untuk 11 Kepala Keluarga di 11 Padukuhan
  7. Pemberian Dana untuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk 11 Kepala Keluarga di 11 Padukuhan
  8. Insentif untuk pengelola Sampah, dan
  9. Pengadaan sarana prasarana persampahan di KSM. Ngudi Resik Desa Ponjong

 

Sementara itu Bapak Suharyanto selaku Ketua Tim Evaluasi Desa Siaga Kabupaten Gunungkidul dalam kesan dan pesannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Desa Ponjong dan Seluruh Kader Kesehatan atas penyelenggaraan Desa Siaga yang dinilai sudah bagus dan tertib secara kegiatan dan administrasi. Dan khusus untuk penyambutan dalam acara ini, beliau menyampaikan penghargaannya juga karena ini adalah sesuatu yang luar biasa. Terlihat sangat dipersiapkan dengan matang dan baik. Untuk ke depan beliau berharap mudah-mudahan pelaksanaan desa siaga juga memperhatikan adanya POSBINDU di tiap-tiap padukuhan.

 

Acara diakhiri dengan sambutan pelepasan dari Camat Ponjong, Bapak Drs. Sukis Heriyanto, M. Si. dan dilanjutkan dengan menyanyi bersama serta makan siang. ***

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar