PEMERINTAH DESA PONJONG MENDORONG KEMAJUAN WIRAUSAHA MELALUI PELATIHAN UMKM

Admin 09 Mei 2018 13:45:21 WIB

Menyadari bahwa peran UMKM sebagai kelompok usaha yang memiliki jumlah dan peranan paling besar dan cukup dominan dalam perekonomian di desa, maka Pemerintah Desa Ponjong pada hari Rabu tanggal 9 Mei 2018 menyelenggarakan pelatihan untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Pelatihan ini dibiayai dengan sumber dana dari Dana Desa Tahap I Tahun 2018.

Dalam sambutannya Bapak Arif Al Fauzi, selaku Kepala Desa Ponjong menekankan pentingnya ketekunan dan keuletan dalam menjalankan usaha. Agar usaha yang dijalankan bisa berkembang maju dan bisa meningkatkan perekonomian baik keluarga maupun masyarakat di desa Ponjong.

Adapun peserta pelatihan ini antara lain adalah pedagang penjaja makanan keliling, pedagang sayur keliling, penjual bakso, penjual makanan Angkringan dan beberapa pelaku wirausahawan kecil lainnya. Peserta berasal dari perwakilan di tiap-tiap Padukuhan di Desa Ponjong dengan jumlah peserta 77 peserta, atau dari 11 Padukuhan masing-masing mengirimkan 7 peserta.

Salah satu peserta menyampaikan dirinya sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karena selain mendapatkan tambahan pemahaman tentang manajemen pengelolaan usaha, peserta juga mendapatkan sedikit tambahan modal untuk melaksanakan usahanya. Tambahan modal tersebut berupa bahan yang disesuaikan dengan jenis usaha yang dikelola oleh masing-masing pelaku usaha.

Selaku Pelaksana Kegiatan, Ibu Afriyani Kasi Pelayanan Pemerintah Desa Ponjong, menambahkan bahwa pemateri dalam pelatihan ini menghadirkan dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gunungkidul. Tampak hadir dan memberikan materi Pendamping Dana Desa Kecamatan Ponjong di bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Acara berlangsung lancar, dan diakhiri dengan pembagian bahan-bahan dan peralatan usaha kepada para peserta.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar