Kelompok Seni Sido Rukun Menghangatkan Suasana Malam Peresmian Talud di Padukuhan Padangan

Admin 14 Juli 2019 07:33:32 WIB

Peresmian talud di Padukuhan Padangan dimeriahkan dengan pertunjukan tari anak-anak sampai dengan pertunjukan wayang kulit dari kelompok seni "Sido Rukun" pada Sabtu malam (13/07/2019) bertempat di komplek masjid Baiturahman Padangan.

Menariknya adalah dalam pertunjukkan seni tersebut mampu menghibur dan menghangatkan udara malam yang begitu dingin. Anak-anak usia TK sampai SD begitu lincah dan luwes dalam mempertunjukkan kebolehannya.

Begitu juga kelompok wayang kulit “Sido Rukun” dengan Ki Dalang Rahmat tersebut menghibur masyarakat dengan cerita jenaka sehingga malam yang begitu dingin menjadi hangat.

Begitu membanggakan ketika kelompok seni “Sido Rukun” ini sudah sering dipanggil keluar untuk mengisi acara besar seperti sebelumnya di UMY Yogyakarta dan TMII Jakarta serta acara besar lainnya seperti diungkapan bapak Legiyo tokoh masyarakat Padangan. Untuk biaya dari pihak keompok seni “Sido Rukun” tidak pernah mematok besarannya karena dalam pertunjukkannya dijadikan sebagai ajang dakwah dan syiar agama Islam melalui kesenian salah satunya melalui pertunjukkan wayang.

“Sebuah kebanggaan tentunya bagi warga Padangan dan desa Ponjong karena miliki aset budaya yang begitu besar. Potensi yang sangat luar biasa semoga akan terus berkembang dan maju ditengah era modernisasi. Pemerintah Desa Ponjong memberikan penghargaan yang setinggi-tinginya kepada pelaku kelompok seni “Sido Rukun” yang masih mau melestarikan kesenian yang saat ini mulai terpinggirkan dengan perkembangan digitalisasi yang sangat pesat,” papar Kepala Seksi Pelayanan Desa Ponjong Muhammad Taufiq Hidayat, S.Si

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar