Kebun Bibit Rakyat (KBR) Mendapatkan Kunjungan

Admin 02 Agustus 2019 05:37:53 WIB

Ponjong-Kelompok Tani Muda Karya Raya mendapatkan kunjungan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Balai Penelitian Teknologi Bahan Aalam Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Yogyakarta pada Kamis (01/08) siang.

Dalam kunjungan tersebut meninjau kegiatan dari Kelompok Tani Muda Karya Raya dalam pengelolaan Kebun Bibit Rakyat (KBR). Dalam pelaksanaannya, kelompok tani yang dipimpin oleh Bapak Saparli ini mengembangkan bibit sengon dan penanaman bawang merah.

Sampai saat ini penanaman bibit sengon sudah selesai penanaman bibit, dan sudah mulai tumbuh beberapa helai daun dari wadah poliback. Ketua kelompok tani Muda Karya Raya menyampaikan bahwa nanti bibit sengon tersebut diperuntukkan bagi seluruh warga desa Ponjong yang memiliki lahan tidak produktif dan diserang hama monyet. Sehingga harapannya dengan ditanami pohon sengon, lahan yang tadinya tidak produktif akan berubah fungsi menjadi lahan produktif yang memberikan keuntungan dan meningkatkan perekonomian warga masyarakat desa Ponjong.

Kemudian didalam kunjungan yang juga dihadiri pihak Yayasan Globalisasi Saemaul Indonesia (YGSI) tersebut menyinggung tentang semangat bekerja, rela berkorban, gotong royong, dan rasa saling memiliki yang dimiliki warga Korea Selatan sudah mulai menular kepada Kelompok Tani Muda Karya Raya.

Mulai dari seragam, saat ini kelompok tani tersebut sudah memiliki seragam sendiri untuk memacu semangat bekerja kemudian fasilitas lain yang merupakan swadaya dari kelompok tani Muda Karya Raya.

Dalam perkembangan kedepan bahwa tidak hanya bibit pohon sengon saja, tetapi ada jenis tanaman lain yang bisa dibudidayakan seperti tanaman produktif buah-buahan. Kepala Desa Ponjong Arif Al Fauzi menyampaikan bahwa selain pengembangan budidaya jenis tanaman, maka nantinya disekitar KBR tersebut akan dikelilingi taman bunga yang bisa dijadikan tempat rekreasi berfoto, ataupun edukasi terhadap pengunjung. Sehingga pemerintah desa Ponjong mengharapkan ada sinergi dengan pariwisata yang sudah terintegrasi dengan Komplek Water Byur pungkas beliau.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar