TIM PENILAI LOMBA PENGAGUNGAN TINGKAT KECAMATAN PONJONG DISAMBUT KESENIAN TOKLIK

Admin 06 Agustus 2019 14:27:21 WIB

Ponjong-Desa Ponjong yang menunjuk padukuhan sampel Karangijo Wetan, menyambut tim penilai lomba pengagungan dari Kecamatan Ponjong dengan kesenian toklik pada Selasa (06/08) pagi tadi.

Mulai pukul 10.00 WIB tim penilai sudah tiba di balai padukuhan Karangijo Wetan bersama seluruh rombongan dari Kecamatan Ponjong. Disambut dengan suara kesenian toklik yang sangat khas membuat suasana yang begitu terik menjadi sejuk dengan suara merdu dan harmonis dari kelompok kesenian toklik.Terlihat sejumlah rombongan dan tim penilai dari Kecamatan Ponjong begitu asyik menikmatinya.

Perlu diketahui bahwa kesenian toklik merupakan kesenian rakyat yang terdapat di kabupaten Gunungkidul. Keberadaan kesenian Toklik saat ini sudah mulai sejajar dengan kesenian lainnya. Toklik merupakan sebuah kelompok perkusi yang menggunakan alat kentongan. Kentongan tersebut terbuat dari potongan bambu dengan ukuran yang berbeda-beda. Alat ini dimainkan dengan cara dipukul seperti halnya kentongan pada umumnya. Terdapat berbagai macam ukuran kentongan mulai dari kecil sampai ukuran yang besar, dari situlah terdapat keselarasan bunyi yang terbagi menjadi beberapa faktor pembeda suara yang dihasilkan dari kentongan-kentongan tersebut. Kentongan yang terbuat dari bambu tersebut, dari besar kecilnya ukuran lubang kentongan dapat dihasilkan baik suara nada yang tinggi maupun rendah.

Tidak hanya kesenian toklik, penyambutan juga dilakukan oleh puluhan anak-anak TK/PAUD dan juga siswa siswi dari sekolah yang ada di padukuhan Karangijo Wetan. Tambah semarak lagi dengan adanya tim paduan suara ibu-ibu padukuhan Karangijo Wetan yang menggunakan pakaian bernuansa merah putih semakin membangkitkan semangat kemerdekaan HUT RI ke 74.

Upaya penyambutan ini adalah bagian dari rangkaian acara menyambut tim penilai lomba pengagungan tingkat kecamatan Ponjong.

Dalam sambutannya Kepala Desa Ponjong Arif Al Fauzi mengucapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada tim dan rombongan dari Kecamatan Ponjong. Atas nama pemerintah Desa Ponjong juga memohon maaf yang sebesar-besarnya karena masih banyak kekurangan namun beliau menyampaikan bahwa niat dari pemerintah desa Ponjong adalah ikut berpartisipasi dalam menyemarakkan dan juga mengisi kemerdekaan HUT RI ke 74.

Bukan kemewahan yang disuguhkan namun hanya kesederhanaan dan semangat gotong royong dari masyarakat adalah hal yang paling utama sebagai salah satu upaya mengisi kemerdekaan pungkas beliau

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar