PAMONG KALURAHAN PONJONG BERSAMA BPKal DAN KADER KESEHATAN MELAKSANAKAN VAKSINASI COVID-19

Admin 18 Maret 2021 19:51:14 WIB

Ponjong (ponjong.desa.id) -Menindaklanjuti surat dari UPT Puskesmas Ponjong I Nomor 005/0796 tanggal 12 Maret 2021 bahwa Lurah Ponjong beserta jajaran Pamong Kalurahan Ponjong, Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPKal) Kalurahan Ponjong dan Kader Kesehatan melaksanakan Vaksinasi tahap I di UPT Puskesmas Ponjong I pada hari Senin, 15 Maret 2021.

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 khususnya kepada Pamong Kalurahan Ponjong sebagai pelayan publik. Pada kesempatan ini seluruh Pamong Kalurahan Ponjong yang berjumlah 20 orang, BPKal 9 orang, dan Kader Kesehatan berjumlah 58 orang hadir tepat waktu sesuai jam dan shift yang dijadwalkan oleh Puskesmas. Meskipun ada beberapa anggota BPKal dan Kader Kesehatan yang belum memenuhi persyaratan untuk dilakukan vaksin Covid-19 dikarenakan kondisi kesehatan dan tekanan darah yang belum stabil. Sehingga bagi yang belum memenuhi persyaratan proses vaksinasi dilakukan penundaan sampai kondisi kesehatan kembali pulih.

Proses pelaksanaan Vaksinasi pun tentu saja dengan berpedoman kepada protokol kesehatan dengan menerapkan 5M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, dan Membatasi Mobilitas. Sehingga UPT Puskesmas Ponjong I melakukan shift agar tidak terjadi penumpukan dan kerumunan. Kemudian secara teknis juga sangat tertata. Diawali dengan pengecekan suhu, kemudian pendaftaran dengan menunjukkan KTP, dilanjutkan pengecekan tekanan darah atau tensi, dan mengisi skrining yang secara langsung ditanyakan oleh Dokter yang bertugas. Sampai pada pelaksanan suntik pun semua berjalan dengan lancar. 

Setelah selesai penyuntikan vaksin kemudian menunggu beberapa saat untuk pencatatan dan observasi selama 30 menit. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada efek atau reaksi dari vaksin tersebut. Dari 20 Pamong Kalurahan yang ada, semua bisa hadir dalam pelaksanaan vaksinasi sehingga harapannya semua sehat dan aman dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat. Kemudian untuk vaksin tahap kedua akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 29 Maret 2021.

Lurah Kalurahan Ponjong Bapak Arif Al Fauzi menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh Puskesmas Ponjong I sudah sangat baik dan sesuai prosedur. Tidak terjadi kerumunan, tempat duduk ditata sedemikian rupa sehingga tidak terjadi penumpukan. Kemudian beliau juga berharap vaksin Covid-19 tahap pertama ini memberikan dampak yang positif kedepannya. Hal ini ada sebagai langkah positif agar Pandemi Covid-19 di Indonesia segera berakhir dan secara khusus Kaluraha Ponjong segera terbebas dengan virus Covid-19.

Beliau sangat merindukan aktifitas masyarakat Kalurahan Ponjong berjalan dengan normal kembali. Warga masyarakat Ponjong bisa kembali bekerja dan memenuhi kebutuhan hidup keluarganya tanpa ada pembatasan yang sangat menyulitkan masyarakat. Kurang dari sebulan juga akan memasuki bulan suci Ramadhan, beliau juga sangat menginginkan masjid-masjid mulai berbenah kembali. Suara azan dan suasana tarawih berjamaah, gema takbir, suasana solat Idul Fitri di tanah lapang, berkumpulnya saudara-saudara dari kota. Semua itu adalah momen-momen yang sangat dirindukan dan hal tersebut merupakan harapan serta doa terbesar beliau dan juga seluruh warga masyarakat.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar