Kasi Pelayanan Menghadiri Sosialisasi Penanggulangan Bencana dari BPBD

Admin 26 Agustus 2019 19:56:11 WIB

Ponjong (26/08)-Kasi Pelayanan Desa Ponjong Muhammad Taufiq Hidayat,S.Si menghadiri sosialisasi penanggulangan bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul di Rumah Makan Tiwi Tan Tlogo Semanu pada Senin (26/08) pagi.

Dalam acara tersebut pihak BPBD Kabupaten Gunungkidul bekerja sama dengan tim geologi dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan penanggulangan bencana, serta pemetaan daerah rawan bencana di Kabupaten Gunungkidul.

Terlihat sangat menarik bahwa materi yang disampaikan oleh pemateri dirasakan sangat bermanfaat bagi tamu undangan dan kepada masyarakat. Terlebih bagaimana cara menyelamatkan diri ketika ada bencana alam, seperti banjir bandang, longsor, dan gempa bumi. Hal ini menjadi hal baru bagi sebagian tamu undangan. Harapannya apa yang disosialisasikan ini bisa tersampaikan kepada masyarakat luas melalui pemerintah desa yang diundang.

Kemudian isu lain yang dibahas adalah berkaitan musim kemarau panjang yang terjadi di Kabupaten Gunungkidul yang berdampak kepada daerah yang kekurangan air bersih. Beberapa perwakilan dari pemerintah desa yang hadir menyampaikan bahwa sebagian besar kendala yang dihadapi ketika musim kemarau adalah supplay air bersih dari PDAM yang tidak lancar.

Pemerintah Desa Ponjong yang diwakili oleh Kasi Pelayanan Desa Ponjong Muhammad Taufiq Hidayat, S.Si menyampaikan bahwa apa yang disampaikan sangat berguna bagi pengetahuan pemerintah desa yang nantinya bisa disampaikan kepada masyarakat.

Terlebih tentang pemetaan daerah rawan bencana, kemudian daerah aliran sungai bawah tanah yang berpotensi membuat amblasan serta tentang bagaimana mengatasi permasalahan amblasan tanah tersebut agar tidak menyumbat aliran sungai bawah tanah pungkas beliau.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar