KOORDINASI DESA SIAGA OLEH UPT PUSKESMAS PONJONG I DIHADIRI KASI PELAYANAN DESA PONJONG

Admin 08 September 2019 07:29:01 WIB

Ponjong (07/09)-Bertempat di RM Gubug Ndeso Sumbergiri, UPT Puskesmas Ponjong I mengundang pengurus Desa Siaga Desa Ponjong dan anggota Kader Kesehatan Desa Ponjong pada Sabtu (07/09) pagi.

Menindaklanjuti Peraturan Bupati Gunungkidul nomor 56 tahun 2011 tentang Pengembangan Dea Siaga di Kabupaten Gunungkidul dan Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor 1529/MENKES/SK/X/2010 tentang Pedoman Umum Pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif, maka UPT Puskesmas Ponjong I melaksanakan koordinasi desa siaga disetiap desa binaan termasuk desa Ponjong.

Salah satu kegiatan yang merupakan implementasi dari desa siaga adalah melaksanakan Survey Mawas Diri (SMD) yaitu serangkaian proses mengumpulkan data / informasi untuk menelaah keadaan kesehatan dan potensi masyarakat di wilayah desa, yang dilakukan oleh masyarakat setempat dengan bimbingan petugas kesehatan dalam hal ini adalah Puskesmas.

Dalam acara tersebut yang juga dihadiri Kasi Pelayanan Desa Ponjong Muhammad Taufiq Hidayat, S.Si menyampaikan dalam sambutannya bahwa Desa Siaga memiliki peran aktif dalam ikut serta pembinaan, pemberdayaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Beliau menambahkan bahwa kesejahteraan masyarakat akan tercapai apabila masyarakat dan seluruh komponen yang terlibat sehat dalam hal ini pemerintah desa, petugas kesehatan, kader dan masyarakat.

Dengan sehat kita bisa melakukan apa saja. Dengan sehat kita bisa mengeluarkan semua potensi positif yang ada didalam diri kita. Dan dengan sehat kita juga bisa berkarya. Maka dari itu Desa Siaga sangat diharapkan kehadirannya ditengah-tengah masyarakat.

Terakhir beliau menambahkan bahwa Pemerintah Desa akan selalu mendukung seluruh kegiatan positif yang ada di ruang lingkup desa asalkan kagiatan ini memberikan manfaat dan mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat maka Pemerintah Desa akan mendukung kegiatan Desa Siaga pungkas beliau.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar