MUSRENBANGDES DESA PONJONG PENYUSUNAN RKPDesa TAHUN 2020 BERJALAN DENGAN LANCAR

Admin 10 September 2019 20:08:38 WIB

Ponjong (10/09)-Bertempat di aula kantor balai desa Ponjong acara Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Desa Ponjong berlangsung dengan khidmat dan lancar pada  Selasa (10/09) siang pukul 13.00 WIB.

Musrenbangdes adalah forum musyawarah tahunan dari para pemangku kepentingan desa untuk menyepakati  Rencana Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran 2020 yang mana dalam penyusunannya mengacu kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

Musrenbangdes tahun 2019 ini dilaksanakan untuk kegiatan pembangunan tahun 2020 dan perencanaan kegiatan tahun 2020 yang dihadiri oleh berbagai elemen dan unsur masyarakat baik dari BPD, LPMD, RT, RW, Kader Kesehatan, serta seluruh tokoh masyarakat dan unsur terkait di Desa Ponjong.

Kemudian dalam acara Musrenbangdes ini juga difasilitasi oleh Kecamatan dan pendamping desa yang mambantu peserta perumus program ususlan rencana kerja yang akan diajukan. Tahun 2019 kali ini dibuat dalam tiga kelompok diskusi yaitu kelompok  A yang membahas Pemerintahan, Sosial dan Budaya, kelompok B yang membahas ekonomi, dan kelompok C yang membahas Sarana dan Prasarana Fisik.

Kepala Desa Ponjong menyampaikan bahwa Musrenbangdes dilaksanakan guna menampung usulan masyarakat berkaitan dengan pembangunan dilingkungannya masing-masing dalam hal ini rung lingkup padukuhan yang nantinya akan menjadi skala prioritas perencanaan pembangunan desa.

Musrenbangdes tahun 2019 yaitu untuk penyusunan RKPDesa Thun 2020 dimana sebelumnya sudah melalui proses  Musyawarah Desa yang menampung usulan-usulan program kerja dari masing-masing wilayah padukuhan.

Kepala Desa Ponjong menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh tamu undangan yang hadir atas partisipasi dan kerjasamanya yang telah menyempatkan waktunya untuk bisa mengikuti Musrenbangdes Tahun ini.

Beliau menambahkan bahwa meskipun Pemerintah Desa Ponjong dalam keadaan berduka setelah berpulangnya ke rahmatullah yaitu beliau Ibu Saparti, akan tetapi seluruh jajaran perangkat desa Ponjong tetap menyiapkan seluruh materi pembahasan dalam penyusunan Musrenbangdes 2019.

Hasil Musrenbangdes untuk penyusunan RKPDesa 2020 ini selanjutnya akan dituangkan dalam berita acara Musrenbangdesa tahun 2019 dan kemudian dilanjutkan dengan pembuatan Peraturan Desa Ponjong tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun 2020 yang akan disahkan bersama Kepala Desa Ponjong dengan BPD.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar