KASI PELAYANAN DESA PONJONG MENGHADIRI WORKSHOP REPLIKASI INOVASI DESA

Admin 16 September 2019 21:13:00 WIB

Ponjong (16/09)-Kepala Seksi Pelayanan Desa Ponjong Muhammad Taufiq Hidayat, S.Si menghadiri acara Workshop Replikasi Inovasi Desa Program Inovasi Desa di Rumah Makan Gubug Ndeso Koripan Sumbergiri pada Senin (16/09) pagi.

Dalam acara tersebut menindaklanjuti  kegiatan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Gunungkidul Kluster Batur Agung yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Dalam kesempatan kali ini dibahas beberapa poin penting yang berkaitan dengan isu yang berkembang begitu kencang dimasyarakat yaitu terkait dengan stunting atau gizi buruk.

Disampaikan bahwa Kecamatan Ponjong kasus stunting masih menjadi momok bagi semua pihak. Bahwa kejadian ini membutuhkan penanganan khusus dan intesif dari semua pihak mulai dari masyarakat, kader kesehatan, pemerintah desa maupun petugas kesehatan di Puskesmas.

Banyak faktor yang menyebabkan stunting pada bayi diantaranya kurangnya asupan nutrisi, anemia atau kekurangan darah dari ibu yang mengandung, masih rendahnya kesadaran dari ibu akan pentingnya ASI, serta perilaku hidup bersih yang masih kurang dari masyarakat.

Faktor-faktor tersebut harus menjadi perhatian khusus bagi semua pihak. Diharapkan adanya kerjasama dan koordinasi yang intensif dan berkesinambungan akan mampu memecahkan permasalahan tingginya kasus stunting di kecamatan Ponjong.

Perlu diketahui bahwa kasus stunting menjadi hal yang harus diperhatikan demi kelangsungan generasi anak-anak di masa yang akan datang. Kekurangan aasupan gizi pada anak akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak mulai dari kemampuan berpikir atau intelegensi, serta penyakit tidak menular yang bisa jadi tidak dirasakan dalam jangka waktu pendek akan tetapi bisa dirasakan apabila sudah berumur dewasa seperti obesitas, hipertensi, penyakit gula dll.

Maka hal ini diharapkan menjadi perhatin khusus bagi pemerintah desa sebagai pemegang otoritas kekuasaan anggaran desa. Kasi Pelayanan Desa Ponjong berharap Pemerintah Desa Ponjong bisa memberikan sumbang sih lebih terhadap penanganan kasus stunting khususnya di desa Ponjong. Sehingga harapannya desa Ponjong akan melahirkan pemimpin-pemimpin hebat yang mempunyai kemampuan beripikir cerdas sehingga bisa memberikan kebanggan bagi desa Ponjong.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar