WKSBM Padukuhan Sumber Kidul yang Diam-Diam Menghanyutkan

Admin 16 September 2019 21:21:06 WIB

Ponjong (16/09)-Wahana Kesejahteraan Sosial  Berbasis Masyarakat (WKSBM) Padukuhan Sumber Kidul keberadaan serta kegiatan yang dilakukan tidak banyak yang mengetahui oleh masyarakat desa Ponjong.

Akan tetapi peribahasa diam-diam menghanyutkan pantas kiranya disematkan kepada organisasi sosial yang digawangi oleh Dukuh Sumber Kidul Muhammad Mahfudz Isa Mauludy ini. Tidak banyak orang yang tahu akan WKSBM Sumber Kidul mungkin hanya segelintir orang di intern padukuhan Sumber Kidul saja, itu pun hanya beberapa akan tetapi kegiatan dari WKSBM ini sangat patut diapresiasi yang diberikan acungan jempol.

Diam-diam menghanyutkan yang disematkan kepada WKSBM Padukuhan Sumber Kidul memberikan arti yang positif dan mampu memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya warga Padukuhan Sumber Kidul. Tidak banyak yang tahu, tidak banyak yang kenal akan tetapi memberikan manfaat kepada masyarakat itulah WKSBM Sumber Kidul.

Dukuh Sumber Kidul Muhammad Mahfudz Isa Mauludy menyampikan bahwa WKSBM adalah sekelompok pemuda-pemudi padukuhan Sumber Kidul yang mempunyai gerakan dan kegiatan sosial dari Sumber Kidul untuk Sumber Kidul.

Beliau menambahkan bahwa dalam kegiatannya WKSBM memiliki tujuan utama yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat padukuhan Sumber Kidul dengan cara swadaya dari warga masyarakat padukuhan Sumber Kidul yang tingkat perekonomiannya tergolong mampu kemudian membantu warga masyarakat satu padukuhan yang kurang mampu/miskin.

Kemudian Dukuh Sumber Kidul yang akrab disapa Mas Mahfud ini menyampaikan bahwa ada beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh WKSBM Sumber Kidul diantaranya adalah menyediakan kain kafan gratis khusus warga Sumber Kidul, memberikan bantuan sosial kepada PMKS diwilayah Sumber Kidul secara berkala, memberikan bantuan dana sosial kepada warga yang sedang mengalami musibah (kematian, sakit opname, sakit rawat jalan).

Tidak hanya itu WKSBM juga menjadi sarana belajar dan diskusi oleh sekelompok pemuda Padukuhan Sumber Kidul untuk membahas isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan bantuan sosial lain dari pemerintah yang dibahas dan musyawarahkan untuk mengahasilkan keputusan yang berpihak kepada warga yang membutuhkan.

Sedangkan kegiatan terakhir yang baru saja dilaksanakan adalah menyalurkan dana sosial kepada warga padukuhan Sumber Kidul yang membutuhkan bantuan dengan keadaan ekonomi kurang mampu/miskin. Dalam penyaluran dana sosial ini dilakukan dam tiga tahap yaitu tahap pertama sebesar total Rp 4.980.000,00, tahap kedua sebesar total Rp 6.100.000,00 dan tahap terakhir yang baru saja dilaksanakan pada tanggal 15 September lalu sebesar total Rp 5.200.000,00.

Pemerintah Desa Ponjong melalui Kepala Desa Ponjong Arif Al Fauzi ditempat terpisah menyampaikan bahwa pemerintah Desa memberikan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada WKSBM padukuhan Sumber Kidul yang sudah memiliki niat dan gerakan positif serta swadaya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Padukuhan Sumber Kidul. Tidak hanya itu beberapa hal positif dengan adanya WKSBM ini adalah mampu menggiring pemuda dalam mengisi kegiatan yang lebih bermanfaat dan positif. Bapak Arif Al Fauzi berharap WKSBM bisa menular ke Padukuhan lain di desa Ponjong pungkas beliau.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar