KASI PELAYANAN DESA PONJONG MENGHADIRI WORKSHOP PELATIHAN APLIKASI DELANA

Admin 24 September 2019 15:49:19 WIB

Ponjong (24/09)-Bertempat di ruang rapat Bangun Desa kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPM&D) Kabupaten Gunungkidul pada Selasa (24/09/2019) dimulai pukul 09.30 WIB, dilaksanakan acara pelatihan pengisian aplikasi Desa Layak Anak (DELANA) dan Kecamatan Layak Anak (KELANA) yang diikuti oleh seluruh desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Hari pertama pelatihan pengisian aplikasi DELANA dan KELANA diikuti oleh 7 kecamatan yaitu Ponjong, Purwosari, Nglipar, Semanu, Playen, Tanjungsari, dan Tepus serta 58 desa dari masing-masing kecamatan.

Dalam pelatihan tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dra.Rumi Hayati yang mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Kabupaten Gunungkidul, Sujoko, S.Sos yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya Dra. Rumi Hayati mengatakan bahwa Pada Bulan Oktober 2019 akan dilaksanakan evaluasi DELANA dan KELANA maka dari itu pada hari ini dilaksanakan pelatihan pelatihan pengisian evaluasi formulir verifikasi DELANA dan KELANA . Selanjutnya bulan Oktober 2019 Tim Verifikator lapangan akan memverifikasi pada desa-desa sehingga diharapkan desa-desa bisa menyiapkan dengan maksimal.

Beliau menambahkan bahwa mengenai desa layak anak beserta 24 indikatornya. Indikator yang sudah ada di Desa untuk ditingkatkan seperti  forum anak, profil anak, perpustakaan desa dan lain sebagainya. Sedangkan indikator yang belum ada segera untuk ditindaklanjuti, yang belum ada antara lain Forum Anak Desa, maka segera dibentuk Forum Anak Desa dengan SK Kepala Desa. Administrasinya untuk dilengkapi mencakup 5 kluster dan 1 kelembagaan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar