SOSIALISASI PEMBANGUNAN TALUD DI PADUKUHAN PONJONG

Admin 01 Oktober 2019 07:49:05 WIB

PONJONG (1/09)-Pemerintah Desa Ponjong melalui perangkat desa melakukan sosialisasi rencana pembangunan talud di padukuhan Ponjong bertempat di balai padukuhan Ponjong pada Senin (30/09/2019) pukul 20.00 WIB. Dihadiri oleh tokoh masyarakat dan sejumlah warga padukuhan Ponjong, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar bisa memahami tentang rencana pelaksanaan pembangunan talud yang rencananya akan dilaksanakan di RT 04. Selain itu diharapkan warga masyarakat bisa memahami terkait teknis pelaksanaan, jumlah anggaran yang akan digunakan, dan volume pengerjaan talud yang akan dibangun.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Desa Ponjong Arif Al Fauzi, Sekertaris Desa Wakhid Ariyanto, Kaur Tata Usaha dan Umum Ahmad Suryana, SIP selaku Plt. Kasi Kesejahteraan dan jajaran perangkat desa lainnya. Sekertaris Desa Ponjong menyampaikan bahwa rencana pembangunan talud di RT 04 padukuhan Ponjong bersumber dari Dana Desa tahap 3 yaitu sebesar Rp 50.000.000,00. Beliau menambahkan bahwa nantinya skema pelaksanaannya akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Apabila tahun sebelumnya dilaksanakan dengan sistem pemberian dana stimulan, maka tahun ini dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan Desa (TPKDesa) dimana dalam pengerjaan pembangunan talud ini sebagai ketua TPK adalah bapak Baderi dengan anggota adalah dukuh dan perangkat desa lainnya.

Sedangkan Kaur Tata Usaha dan Umum Ahmad Suryana, SIP selaku Plt. Kasi Kesejahteraan yang saat ini sedang sakit, menyampaikan bahwa pembangunan talud di padukuhan Ponjong diharapkan dikerjakan dengan sebaik mungkin dengan kualitas yang bagus akan tetapi tetap sesuai dengan kaidah-kaidah yang sudah ditentukan sebelumnya. Kemudian beliau menambahkan bahwa pengerjaan pembangunan talud ini dipastikan akan memakan lahan beberapa warga yang bidang tanahnya terkena dampak pembangunan talud ini. Oleh sebab itu beliau berharap akan ada kesepakatan diantara Dukuh Ponjong dengan warganya bahwa ada kerelaan oleh warganya untuk mengikhlaskan sebagian lahannya untuk kepentingan bersama warga masyarakat padukuhan Ponjong dengan menandatangani surat pernyataan kerelaan diatas materai Rp 6000. Sehingga kedepannya tidak akan ada permasalahan seperti menuntut ganti rugi dan lain sebagainya.

Dukuh Ponjong beliau bapak Ratiman menyampaikan bahwa warga masyarakat padukuhan Ponjong menyampaikan bahwa warganya sangat menyambut baik terkait pembangunan talud ini. Hal ini disebabkan oleh sebagian warga memang sudah mengharapkan lama terkait pembangunan talud ini yang dimusim penghujan sering menimbulkan genangan air dibeberapa tempat. Sedangkan terkait beberapa warga yang bidang tanahnya terkena dampak pembangunan talud ini sudah menyatakan kerelaannya dan siap menandatangani surat pernyataan di atas materai Rp 6000 karena pembangunan ini untuk kepentingan bersama warga Padukuhan Ponjong.

Kemudian terkahir Kepala Desa Ponjong beliau Bapak Arif Al Fauzi menambahkan bahwa perencanaan pembangunan talud di padukuhan Ponjong harus dicermati dengan seksama dan harus menggunakan asas transparansi agar semua warga mengetahui apa yang dikerjakan oleh warga masyarakat. Kemudian beliau juga berharap pembangunan talud bisa memberikan dampak dan meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat desa Ponjong pada umumnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar