Kasi Pelayanan Menghadiri Pelatihan Verifikasi dan Validasi DTKS

Admin 01 Oktober 2019 19:31:06 WIB

Ponjong (ponjong.desa.id)-Kasi Pelayanan Desa Ponjong Muhammad Taufiq Hidayat, S.Si bersama perwakilan kader kesehatan dan seluruh perangkat desa se Kabupaten Gunungkidul menghadiri pelatihan Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Bangsal Sewoko Projo Wonosari pada Selasa (01/10/2019) pukul 09.00 WIB.

Dalam pelatihan tersebut juga dihadiri perwakilan dari Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul dan Bappeda Kabupaten Gunungkidul yang menyampaikan materi kepada para tamu undangan yang hadir. Dalam pelatihan tersebut dilaksanakan pelatihan cara mengoperasikan aplikasi SIKS NG atau Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation yaitu aplikasi untuk mendata warga desa yang masuk kedalam kategori tidak mampu/miskin. Selain itu perwakilan kader kesehatan juga diberikan pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana cara pengisian formulir verifikasi dan validasi DTKS yang nanti dijadikan acuan atau pedoman oleh operator SIDA SAMEKTA ataupun aplikasi SIKS NG untuk melakukan input data.

Prosesnya bahwa operator ataupun Kasi Pelayanan akan mendapatkan data pre list dari Dinas Sosial yaitu berisi daftar warga yang diperkirakan masuk kedalam kategori tidak mampu/miskin. Kemudian tugas selanjutnya dari Kasi Pelayanan adalah melakukan musyawarah bersama Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Desa (TKPKDesa) untuk menyeleksi dan melakukan verifikasi data pre list yang diajukan oleh Dinas Sosial. Sedangkan apabila ada warga yang belum masuk kedalam data pre list kemudian dipandang sebagai warga miskin maka bisa ditambahkan atau dimasukkan ke dalam data pre list.

Pelatihan ini sangat penting bagi perkembangan masing-masing desa untuk mengatasi kesejahteraan sosial di desanya masing-masing. Hal ini disebabkan bahwa nantinya pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan mengacu kepada data yang ada di dalam SIDA SAMEKTA dan aplikasi lainnya. Sehingga diharapkan semua desa bisa hadir dan mampu mengikuti pelatihan dengan baik demi kemajuan dan penanggulangan kemiskinan.

                                                              

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar