Survey Lokasi Sasaran Bantuan Keuangan Khusus dari Dinas PUPRKP

Admin 03 Oktober 2019 22:01:13 WIB

Ponjong (ponjong.desa.id)-Kepala Desa Ponjong Arif Al Fauzi mendampingi petugas survey lokasi sasaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPRKP) Kabupaten Gunungkidul pada Kamis (03/10/2019) pukul 11.00 WIB.

Survey lokasi dilakukan di dua titik yang pertama lokasi jalan yang terletak di sebelah barat kantor balai desa Ponjong ke arah selatan menuju Padukuhan Jaten-Serut yang sudah mengalami rusak parah dan membahayakan bagi pengendara kendaraan bermotor ataupun sepeda. Kemudian lokasi yang kedua yaitu saluran air yang ada di padukuhan Karangijo Kulon untuk lokasi pertanian sawah.

Survey lokasi yang pertama adalah jalan menuju Padukuhan Jaten-Serut yang kondisinya rusak parah sehingga tidak jarang dengan kondisi jalan yang memprihatinkan, warga masyarakat desa Ponjong yang sering menggunakan jalur tersebut mengurangi kecepatan kendaraannya untuk menghindari beberapa lubang dengan kedalaman yang cukup bervariasi. Sehingga hal ini dirasakan membuat waktu tempuh warga dalam melakukan aktifitas seperti pergi bekerja, berdagang, bertani, dan lain sebagainya menjadi terhambat. Ditambah dimusim kemarau mengkibatkan adanya debu yang cukup tebal juga sangat menggangu aktifitas warga dan dimusim penghujan genangan air yang cukup dalam sangat beresiko bagi pengguna jalan.

Sehingga Pemerintah Desa Ponjong melalui Kepala Desa Ponjong bersyukur bahwa proposal BKK yang diajukan oleh Desa Ponjong mendapatkan persetujuan dan bisa terealisasi. Sehingga apa yang menjadi keluhan warga masyarakat dan juga semua pihak bisa segera teratasi. Beliau juga menyampaikan bahwa rencananya jalan utama ini akan dilakukan pengaspalan dengan lebar 4 meter. Sedangkan untuk panjangnya masih dalam tahap penghitungan lebih lanjut termasuk juga besaran jumlah dana yang digunakan belum bisa disampaikan. Apabila nanti sudah mendekati waktu pelaksanaan pengaspalan jalan maka akan segera disampaikan kepada masyarakat.

Kemudian survey lokasi yang kedua adalah saluran air pertanian yang ada di padukuhan Karangijo Kulon menyambung saluran air yang sudah ada. Dilokasi yang ketika musim hujan adalah persawahan yang subur terebut, saat ini kering kerontang dan tidak tertanami padi ataupun tanaman palawija lainnya. Hal ini disebabkan karena sulitnya air untuk menjangkau lokasi pertanian yang bersumber dari Komplek Kolam Sumber Water Byur. Diharapkan nantinya dengan dibangunnya saluran air yang ada di Karangijo Kulon, kedepan air bisa menjangkau lokasi pertanian. Sehingga ketika musim kemarau pun para petani bisa produktif bercocok tanam dengan berbagai jenis tanaman seperti palawija atau bahkan kalau memungkinkan bisa menanam padi. Itulah harapan dari Pemerintah Desa Ponjong dengan adanya Bantuan Keuangan Khusus dari Dinas PUPRKP Kabupaten Gunungkidul sehingga bisa memberikan manfaat, meningkatkan taraf hidup, perekonomian, dan meningkatkan kesejahteraan seluruh warga masyarakat desa Ponjong pada umumnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar