SI JAGO MERAH MELALAP KANDANG TUMPUKAN KAYU DI JATEN

Admin 05 Oktober 2019 22:36:27 WIB

Ponjong (ponjong.desa.id)-Warga Padukuhan Jaten sedikit dihebohkan dengan adanya berita tentang kebakaran kandang yang berisi tumpukan kayu di rumah bapak Dayar RT 02/RW 09 pada Sabtu (05/10/2019) sekitar pukul 17.00 WIB menjelang sholat maghrib.Kejadian berlangsung cukup singkat akan tetapi kesigapan pemilik kandang dibantu oleh warga sekitar, maka si jago merah tidak meluas ke areal sekitarnya.

Berdasarkan penuturan bapak Tumiyo, kebakaran dipicu oleh adanya pembakaran sampah di samping kandang yang hanya berjarak kurang lebih 5 meter. Menurut informasi yang disampaikan oleh Dukuh Jaten beliau bapak Tumiyo bahwa menurut keterangan tuan rumah, api berasal dari tempat pembakaran sampah yang berjarak kurang lebih 5 meter dari kandang” tutur bapak Tumiyo.

Beliau menambahkan bahwa  dengan kondisi angin yang bertiup cukup kencang dimusim kemarau ini dan ditambah dengan minimnya air yang ada, menyebabkan warga sekitar cukup kesulitan menjinakkan api. Akan tetapi beruntung bahwa api tidak meluas ke bangunan sekitarnya.

“Karena angin yang besar dan kencang ditambah kayu yang sangat kering sehingga api mudah membakar kandang tersebut. Namun dalam waktu singkat warga mampu menjinakkan si jago merah. Dan saat ini kondisi sudah kembali aman dan normal kembali” tutur beliau.

Sampai saat ini belum ada kabar lebih lanjut mengenai jumlah kerugian yang dialami oleh pemilik kandang. Akan tetapi dari peristiwa ini pemerintah Desa Ponjong menghimbau kepada warga masyarakat  untuk bisa mengambil hikmah dari peristiwa tersebut bahwa harus selalu waspada dan berhati-hati untuk tidak membakar sampah sembarangan di musim kemarau ini. Dengan kondisi sulitnya air kemudian dengan tiupan angin yang cukup kencang maka akan sangat beresiko tinggi apabila terjadi kebakaran. Hal ini perlu dijadikan perhatian bagi seluruh warga untuk bisa menjaga agar jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Himbauan ini sebagai tindakan pencegahan bahwa jangan sampai ada timbul korban jiwa serta kerugian materil yang akan merugikan semua pihak.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar