PELATIHAN PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN TOGA DI PADUKUHAN SERUT

Admin 10 Oktober 2019 22:28:21 WIB

Ponjong (ponjong.desa.id)- Kelompok Tanaman Obat  Keluarga (TOGA) Ngudi Waras Padukuhan Serut mendapatkan kunjungan dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Gunungkidul pada hari Kamis (10/10/2019) pagi tadi di balai Padukuhan Serut.

Bekerja sama dengan mahasiswa-mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Yogyakarta, kelompok TOGA Ngudi Waras mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat dan bisa dijadikan bekal kedepannya untuk membangun Padukuhan Serut menjadi rujukan utama pemanfaatan tanaman obat. Pelatihan pengelolaan dan pemanfaatan TOGA ini adalah upaya tindak lanjut dari study banding yang beberapa bulan yang lalu tepatnya sekitar bulan Agustus, kelompok TOGA Ngudi Waras melakukan kunjungan ke Desa Sawahan, Ponjong. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, motivasi dan semangat warga masyarakat akan semakin besar dalam membangun Padukuhan Serut menjadi percontohan dan rujukan TOGA.

Sedangkan dalam kesempatan berbeda Kasi Pelayanan Desa Ponjong Muhammad Taufiq Hidayat, S.Si yang membidangi kegiatan ini menyampaikan bahwa pada dasarnya TOGA secara tidak langsung sejak dari zaman dulu yang secara turun temurun tanaman obat sering kali dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai jenis penyakit dan menjadikan tanaman tersebut sebagai tanaman obat keluarga. Khususnya di Indonesia, tanaman obat keluarga (TOGA) atau dikenal dengan apotik hidup merupakan tanaman yang ditanam pada area di sekeliling rumah, halaman rumah, ditempatkan dalam pot atau ditanam pada kebun yang luasnya berukuran kecil.

Beliau menambahkan bahwa dengan adanya TOGA dan apotik hidup selain sebagai perindang dan sumber oksigen yang tak jauh dari tempat tinggal kita, tentu saja akan sangat bermanfaat, baik nantinya digunakan sebagai obat tradisional yang sifatnya mencegah atau mengobati berbagai penyakit akut hingga kronis sekalipun, sebagai bumbu pelengkap masakan atau menambah nilai estetika tersendiri jika tertanam dengan tertata rapi. Sehingga dengan adanya pelatihan ini Pemerintah Desa sangat mendukung dan akan selalu mendorong kegiatan ini sebagai upaya mewujudkan Padukuhan Serut menjadi percontohan TOGA di Desa Ponjong.

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar