PENUTUPAN PELATIHAN PROGRAM RSBK

Admin 25 Oktober 2019 06:39:48 WIB

Ponjong (ponjong.desa.id)- Kasi Pelayanan Desa Ponjong Muhammad Taufiq Hidayat, S.Si menghadiri acara penutupan pelatihan program Rehabilitasi Sosial Berbasis Keluarga (RSBK) oleh Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) Prof. Dr. Soeharso Surakarta resmi ditutup di Aula Balai Desa Siraman pada Kamis (24/10/2019).

Kepala BBRSPDF Prof. Dr. Soeharso Surakarta, Heri Kris Sritanto menyampaikan kepada seluruh peserta pelatihan untuk tetap semangat dalam menjalani hidup meskipun beberapa dari kita diberikan kekurangan. Akan tetapi beliau berharap bahwa dari kegiatan ini agar para peserta bisa lebih berkembang, paling tidak bisa memanfaatkan kekurangan menjadi kelebihannya dan agar menjadi lebih nyaman dengan kekuarangan yang ada saat ini.

Beliau juga mengatakan kegiatan ini berbasis keluarga karena tanggung jawab ini bukan hanya pemerintah daerah maupun pusat, tetapi keluarga menjadi hal yang utama, dan penyadaran kepada para anggota keluarga yang lain untuk peduli kepada anggota keluarganya yang disabilitas.

"Yang paling utama dari RSBK adalah memanfaatkan potensi lokal, perencanaan oleh keluarga dan penerima manfaat itu sendiri dan kemudian difasilitasi oleh BBRSPDF Prof. Dr. Soeharso Surakarta," tutur beliau.

Program pelatihan bertema 'Saya Bisa, Harus Bisa, Kami Pasti Bisa. Saya Luar Biasa' diikuti peserta dari berbagai Desa di Gunungkidul dan didampingi oleh pihak keluarga serta pendamping. Selama kegiatan, kondisi dari masing-masing peserta dalam keadaan baik sehingga dalam melaksanakan kegiatan pelatihan keterampilan ini berjalan lancar.

Kegiatan ini terbagi menjadi dua jenis keterampilan, yakni tata boga dan ternak. Pada hari pertama kegiatan diisi oleh pihak BBRSPDF Prof. Dr. Soeharso Surakarta dan dua hari berikutnya bimbingan keterampilan oleh para instruktur. Penutupan pelatihan kegiatan tersebut juga ditutup dengan pelepasan peserta secara simbolis dan pemberian sertifikat kepada para peserta pelatihan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar