TIDAK BISA BERENANG, SEORANG REMAJA TENGGELAM DI KOLAM PEMANDIAN UMUM SUMBER PONJONG

Admin 24 November 2019 16:35:28 WIB

Ponjong (ponjong.desa.id)- Seorang remaja berusia 14 tahun bernama Gampang Prasetyo alamat Padukuhan Turi, RT 01/ RW 17, Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Minggu (24/11/2019) sekitar pukul 10.00 WIB karena tenggelam saat berenang di Kolam Pemandian Umum Sumber Ponjong. Meskipun sempat dilarikan ke UPT Puskesmas Ponjong I, namun nyawanya tidak bisa tertolong. Oleh tim medis Puskesmas, korban dinyatakan meninggal dunia akibat kehabisan nafas dan terlalu banyak meminum air.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh ketiga orang temannya yaitu Edi Prayoga (14), Muhammad Dani Nurdianto (14), dan Ferdinan Ramdan Ali (12) mereka bermaksud mandi dan bermain air di tempat pemandian umum kolam Sumber Ponjong atau tepatnya disebelah utara Komplek Kolam Water Byur Sumber Ponjong. Pada saat mereka sedang berjalan menuju kolam pemandian umum, korban mendahului temannya dan menceburkan diri ke kolam tersebut, diketahui kolam tersebut kedalamannya lebih dari 2 meter. Akan tetapi tidak berselang lama terlihat korban melambai-lambaikan tangannya. Oleh rekan-rekannya dikira korban asyik bermain air dan bercanda, tetapi sampai beberapa waktu semakin tenggelam dan lama tidak muncul ke permukaan. Akhirnya teman-temannya menyadari kalau korban tenggelam dan kemudian mereka berlari mencari pertolongan dengan menghubungi warga setempat.

Tidak lama berselang, kemudian warga setempat menceburkan diri untuk mencari korban hingga akhirnya korban berhasil ditemukan dan diangkat ke permukaan, tetapi korban sudah dalam kondisi lemas, meski masih ada tanda tanda kehidupan. Warga lantas bertindak cepat dengan membawa korban menuju Puskesmas Ponjong I. Setelah dicek oleh tim dokter dari Puskesmas Ponjong I, korban dinyatakan sudah meninggal dunia. Hasil pemeriksaan diketahui korban mengeluarkan busa dan darah dari  mulut, hidung dan telinga, tidak ada tanda tanda kekerasan.

Dihubungi di tempat terpisah, Sekretaris Desa Ponjong, Wakhid Aryanto menyampaikan bahwa kejadian tersebut berlokasi di Kolam Pemandian Umum Sumber Ponjong bukan di Kolam Renang Water Byur Sumber Ponjong seperti berita yang berkembang luas di masyarakat. Kejadian tersebut adalah murni kecelakaan.

“Saudara Gampang Prasetyo tenggelam di Kolam Pemandian Umum dengan kedalaman lebih dari 2 meter, bukan di Kolam Renang Water Byur Sumber Ponjong sebagaimana kabar berita yang beredar di masyarakat. Saya berharap kejadian ini tidak berpengaruh pada minat masyarakat untuk berkunjung ke Obyek Wisata Water Byur Sumber Ponjong”, tuturnya.

Bapak Wakhid, sapaan akrab beliau, juga menambahkan bahwa kejadian tersebut adalah murni kecelakaan, beliau atas nama Pemerintah Desa Ponjong beserta jajaran Perangkat Desa juga sangat  menyesalkan kejadian tersebut. Tetapi mau bagaimana lagi, yang namanya kecelakaan bisa menimpa siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Untuk itu pihaknya menghimbau agar masyarakat umum pengguna air di kolam Pemandian Umum Sumber Ponjong agar berhati-hati pada saat beraktifitas di tempat tersebut. Bapak Sekdes juga mendo’akan semoga Almarhum Gampang Prasetyo Husnul Khotimah, diterima semua amal kebaikannya, ditempatkan di syurganya Allah Subahanahu Wata’ala dan kepada keluarganya semoga diberikan ketabahan, kesabaran dan keikhlasan.

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar